Tips Menjadi Guru untuk Si Kecil Selama #BelajarDirumah

 

 

Selama pandemik, aktivitas belajar yang semestinya biasa dilakukan di sekolah terpaksa ditiadakan dan diganti dengan kegiatan belajar di rumah. Dengan kegiatan belajar di rumah, otomatis membuat orang tua berperan menjadi guru pengganti mereka. Nah, apa saja tips untuk menjadi guru Si Kecil selama #BelajarDirumah?

 

  1. Buat Suasana Belajar Terasa Menyenangkan

 

Layaknya sekolah atau tempat belajar anak-anak yang penuh dengan ornamen warna-warni ataupun perangkat belajar yang lucu, dan menggemaskan. Tidak ada salahnya Moms pun membuat ruang belajar Si Kecil layaknya kelas belajar di taman bermain. Moms bisa tempelkan aneka poster edukasi, seperti alfabet, nama aneka hewan, dan lain-lainnya. Bisa juga Moms putarkan lagu-lagu anak yang ceria untuk mendukung kegiatan dan minat belajar.

 

  1. Buat Jadwal Belajar

 

Buatlah jadwal yang rutin untuk aktivitas belajar bersama Si Kecil. Anda bisa merancang dulu jadwal belajar yang bisa disesuaikan dengan rutinitas Moms dan Si Kecil setiap harinya. Namun, jangan lupa untuk sebisa mungkin jadwal belajar tersebut ditaati ya Moms.

 

  1. Bagi Tugas Mengajar

 

Tentu proses belajar dan mengajar Si Kecil bukan sepenuhnya hanya  menjadi tanggung jawab seorang ibu, ayah pun tetap perlu dilibatkan bersama. Maka penting sekali membagi waktu pendampingan proses belajar sesuai dengan waktu yang dimiliki masing-masing.

 

 

  1. Gunakan Materi Belajar yang Tepat dan Sesuai dengan Perkembangan Si Kecil

 

Kehabisan bahan belajar untuk Si Kecil atau bingung menentukan materi apa yang sesuai dengan perkembangan Si Kecil? Tak perlu khawatir Moms, melalui program edukasi berlangganan dari Learning Time orang tua akan dibantu menentukan materi pembelajaran yang tepat untuk Si Kecil. Semua program yang dimiliki oleh Learning Time telah dirancang oleh ahli kurikulum di Amerika sehingga sangat baik untuk menstimulasi perkembangan Si Kecil dari empat area, yakni kognitif, fisik, Bahasa serta social dan emosi.

 

  1. Ajak Si Kecil Bergerak Aktif

 

Kegiatan belajar tidak terus menurus harus duduk di depan meja belajar ya Moms. Moms & Dads bisa ajak Si Kecil belajar melalui aktivitas yang menyenangkan. Bisa dengan olahraga ringan di sekitar rumah, menari, berjemur sambil sedikit senam, atau bermain hide and seek.