Tips Menjaga Kesehatan Si Kecil Saat Musim Hujan

 

Di Indonesia, saat ini telah memasuki musim hujan. Tandanya, Anda sudah harus mempersiapkan diri lebih ektra untuk menjaga kesehatan Si Kecil. Pasalnya system imunnya masih belum sempurna lho, sehingga mereka akan mudah terserang berbagai macam penyakit.

 

Lalu apa saja sih yang harus dipersiapkan Moms untuk menjaga kesehatan Si Kecil saat musim hujan? Simak di bawah ini!

 

Selalu Gunakan Si Kecil Baju Hangat

Memakaikan Si Kecil baju hangat atau berlapis adalah langkah awal yang baik dalam menghadapi musim hujan. Jangan lupa memilih baju hangat yang berbahan lembut agar selain merasa hangat Si Kecil juga dapat merasa nyaman. 

 

Pastikan Si Kecil Istirahat yang Cukup

Tidur yang cukup dan lebih lama dari biasanya sangat baik untuk kesehatan Si Kecil. Jika kurang tidur atau tidurnya tidak nyenyak, risiko ia terkena berbagai masalah kesehatan semakin bertambah. Usahakan agar ia tidur berkualitas selama 8-10 jam setiap harinya. Jangan lupa untuk menyelimutinya, agar tidak kedinginan saat hujan turun di malam hari.

  

Selalu Jaga Kebersihan Tubuh

Jangan oh baiklupa untuk selalu menjaga kebersihan tubuh Si Kecil ya Mom karena virus dan bakteri bisa menular melalui apa saja termasuk udara. Sehingga tubuh yang tidak bersih memungkinkan masuknya virus ke dalam tubuh. Untuk itu, selalu perhatikan kebersihan tubuh Si Kecil. Dan hindari kebiasaan Si Kecil menyentuh mulut atau hidung dengan tangan, karena kuman di tangan dapat berpindah ke mulut atau hidung.

 

Beri Asupan Nutrisi yang Baik

Sayur dan buah adalah bahan alami yang mengandung fitonutrisi. Jika Si Kecil mendapatkan asupan fitonutrisi yang cukup, daya tahan tubuhnya akan meningkat dan mampu melawan penyakit. Tak hanya itu, tubuhnya pun akan bekerja lebih baik. Berikan ia bayam, tomat, semangka, dan sayuran lainnya setiap hari agar tidak terkena flu di musim hujan.

 

Lengkapi Perlengkapan Musim Hujan

Jika Si Kecil telah memiliki aktivitas di luar rumah saat musim hujan. Siapkan selalu payung, jas hujan, topi, jaket, hingga sepatu bot untuk melindunginya dari hujan dan genangan yang rentan terkontaminasi bakteri pemicu penyakit.