Tips Sederhana Mengajarkan Disiplin Pada Si Kecil

 

Memberikan pemahaman sifat disiplin kepada Si Kecil sejak dini merupakan hal yang tepat. Walaupun memberikan pemahaman kepada mereka tentang hal seperti ini memang tidak mudah. Namun, dengan memiliki sifat disiplin, Si Kecil akan lebih mudah menyelesaikan berbagai tantangan dalam hidupnya.

Nah, bagaimana cara yang tepat untuk menanamkan sifat disiplin dengan cara yang sederhana kepada Si Kecil? Yuk simak di bawah ini!

 

Jadilah Contoh Baik Mereka

Orangtua adalah contoh terbaik bagi Si Kecil. Apapun yang kerap dilakukan orangtua diserap dengan baik di dalam memori mereka. Jadi, jangan salahkan Si Kecil bila ia belum dapat menaati peraturan bila Moms & Dads memberikan contoh yang salah.

 

Susun Rutinitas

Buat rutinitas yang wajib dilakukan untuk membentuk sifat disiplin Si Kecil. Seperti bangun pagi, makan harus di meja makan, tidak boleh menonton TV lebih dari 25 menit serta aturan-aturan lainnya yang perlu dilakukan setiap hari. Selain itu, berikan juga konsekuensi yang jelas jika tidak melakukannya. Dengan begitu, anak akan belajar mengikuti pola yang diberikan, memahami konsekuensi jika tidak mengikutinya, dan memutuskan yang terbaik melalui hal ini.

 

Beri Tahu Pentingnya Menaati Aturan yang Dibuat

Meskipun Si Kecil belum sepenuhnya memahami, namun perlu sekali untuk Moms menjelaskan kepada mereka alasan di balik pentingnya menaati aturan-aturan yang sudah dibuat. Jangan lupa uraikan juga apa saja konsekunsi yang akan mereka hadapi bila melanggar aturan tersebut.

 

Puji dan Beri Hadiah

Memberikan pujian ketika mereka berhasil menyelesaikan atau melakukan tugas sesuatu akan memicu keinginan Si Kecil untuk mengulangi kebiasaan baik tersebut. Selain pujian, Moms bisa memberikan penghargaan untuk menambah semangatnya. Penghargaan tidak harus berupa hadiah mahal, tetapi sesuatu yang sederhana seperti stiker karakter favorit. Kedua hal ini akan meningkatkan kepercayaan dirinya.

 

Hindari Hukuman Fisik

Sebagian orangtua berpikir bahwa tindakan memberikan hukuman fisik dianggap cara yang tepat untuk dalam mendidik kedisiplinan pada anak. Padahal menurut para ahli, cara seperti ini justru membentuk mereka tumbuh menjadi lebih agresif dan dapat berakibat buruk oada perkembangan fisik dan mental mereka.

 

Ajari Mereka Bersikap Empati

Tak bisa dipungkiri, terkadang Si Kecil memiliki kebiasaan yang menurutnya menyenangkan, seperti menggigit, memukul, atau mengambil mainan dari anak-anak lain. Di sinilah pentingnya orangtua mengajarkan sikap empati Si Kecil seperti, “Kalau kamu pukul dia, dia akan merasa sakit”. Atau “Ketika kamu ambil mainan dari anak-anak lain, mereka akan merasa sedih karena tidak dapat bermain dengan mainannya”.

 

Image by Freepik.com